Ulasan Xiaomi Mi 8 Lite: Ringan, tapi tidak ringan

Posted on

Kami memiliki harapan besar untuk Xiaomi Mi 8 Pro , tetapi sayangnya perangkat ini mengalami beberapa kesalahan amatir. Kami berharap Mi 8 Lite yang lebih terjangkau tidak akan mengalami nasib yang sama. Baca ulasan lengkap Xiaomi Mi 8 Lite kami untuk mencari tahu!

Positif– Performa solid dari Snapdragon 660
– Kamera depan dan belakang yang luar biasa
– Trik perangkat lunak kamera yang menarik
– Baterai tahan lama
Negatif– Tidak ada jack headphone,
– Pengisi daya yang kompatibel dengan QC, tidak disediakan.
– Fokus tetap pada kamera menghadap ke depan (memalukan karena memiliki sensor 24MP)
– Kamera kurang jangkauan dinamis
Kesimpulan

Desain

Xiaomi Mi 8 Lite memiliki takik (notch) . Jika Anda membenci takik, ini mungkin bukan ponsel untuk Anda. Jika Anda hanya menganggapnya sedikit mengganggu, opsi “sembunyikan takik” dapat menggelapkan tampilan di sekitar takik dan membuatnya terlihat seperti bilah status yang lebih tradisional. Jika seperti saya, Anda tidak peduli dengan satu atau lain cara, takik itu baik-baik saja. Layarnya hampir dari ujung ke ujung dan bezelnya kecil, tapi ada sedikit dagu.

Perangkat ini memiliki kaca belakang, dengan bingkai aluminium yang berfungsi sebagai isian. Kaca di bagian belakang bisa menjadi magnet sidik jari, atau lebih tepatnya magnet smear, tapi itu pada dasarnya normal saat ini. Cukup licin juga. Bahkan tergelincir dari mejaku beberapa kali ketika aku meletakkannya di atas sesuatu yang lain. Di bagian belakang, Anda juga akan menemukan pembaca sidik jari, dua lensa kamera, dan lampu kilat LED.

Tombol diposisikan dengan baik di sisi kanan, dan slot SIM di sebelah kiri. Di tepi bawah perangkat, ada konektor USB Type-C dan tempat dua speaker. Sayangnya hanya ada satu speaker dan tempat lainnya hanya untuk estetika. Audio keras, tetapi bagi telinga saya yang tidak terlatih, tampaknya tegang pada tingkat volume tertinggi. Saya merasa lebih nyaman untuk memutar kembali volume kecil dan itu meningkatkan kejelasan.

Saya tidak menyebutkan jack headphone, karena tidak ada jack. Satu-satunya hal yang sedikit menebus adalah dongle di dalam kotak. Juga di dalam kotak ada charger, kabel untuk charger, dan case silikon.

Tampilan

Mi 8 Lite memiliki 6,26 inci FHD + IPS LCD display. Ini adalah panel yang cukup layak, tetapi tidak ada yang luar biasa. Kecerahan sangat baik untuk penggunaan di dalam ruangan, tetapi Anda mungkin kesulitan untuk membacanya di bawah sinar matahari langsung. Ini adalah panel LCD, tidak sedalam panel AMOLED , yang bisa Anda lihat ketika Anda menghidupkan fitur “sembunyikan takik”. Ada perbedaan antara hitam pada takikan dibandingkan dengan hitam pada panel.

Tidak ada tombol beranda fisik, jadi navigasi di layar. Layar menawarkan resolusi layar 2.280 x 1.080 (FHD +). Layar memiliki rasio aspek 19: 9, dan kepadatan 403ppi. Di bawah pengaturan Kontras dan Warna Anda dapat beralih di antara suhu warna yang berbeda: Default, Warm and Cool; atau tingkat kontras yang berbeda: Otomatis, Meningkat, dan Standar.

Secara keseluruhan tampilan jelas rata-rata.

Perangkat lunak

Mi 8 Lite hadir dengan Android 8.1 Oreo via MIUI 10 . MIUI adalah firmware Android khusus Xiaomi yang mencakup banyak fitur yang tidak tersedia di vanilla Android . Ini termasuk gerakan layar penuh, untuk navigasi UI; Mi Drop, untuk transfer file nirkabel; Aplikasi Ganda, sehingga Anda dapat menggunakan aplikasi dengan dua akun; Ruang Kedua, yang memungkinkan Anda menggunakan kode sandi atau sidik jari yang berbeda untuk mengakses berbagai profil; menu aplikasi terbaru yang lebih baik; dan banyak tweak dan desain ulang UI. Selain ikon dan tema yang berbeda, perbedaan yang paling mencolok adalah tidak adanya laci aplikasi.

Satu sisi plus untuk MIUI adalah bahwa Xiaomi cukup bagus dalam menyediakan pembaruan. Perangkat menerima pembaruan dengan perbaikan bug selama waktu pengujian ulasan saya ini.

Meskipun MIUI menawarkan penyesuaian yang cukup banyak dibandingkan dengan stok Android, Anda masih dapat mengakses semua layanan Google seperti Play Store, Chrome, dan YouTube. Anda juga mendapatkan akses ke Asisten Google dengan menekan lama pada tombol beranda.

Performa

Mi 8 Lite menggunakan 14nm Snapdragon 660 . Ini memiliki CPU octa-core dengan empat inti CPU 2.2GHz Cortex-A73 dan empat inti 1.8GHz Cortex-A53. Untuk permainan intensif 3D, ada GPU Adreno 512. Untuk prosesor mid-range, meskipun satu di ujung atas mid-range, kinerja Snapdragon 660 sangat mengejutkan. Mi 8 Lite mengatur waktu 3:00 selama Speed ​​Test G head-to-head dengan Samsung Galaxy A7 (2018) . Juga, saya menguji perangkat dengan Asphalt 9 dan PUBG Mobile dan menemukan gameplaynya lancar.

Snapdragon 660 juga memiliki modem Qualcomm X12 LTE bawaan yang mendukung 2G, 3G dan 4G, dengan kecepatan pengunduhan LTE mencapai 600Mbps. Ada juga dukungan untuk Mesin Kecerdasan Buatan Qualcomm (AIE) Qualcomm melalui Hexagon DSP dan Hexagon Vector eXtensions-nya. Mi 8 Lite memasangkan Snapdragon dengan 4GB RAM (6GB pada beberapa model), penyimpanan internal 64GB (tersedia model 128GB) dan slot kartu microSD .

Bagi mereka yang menyukai angka tolok ukur, Mi 8 Lite mencetak 1629 pada tes single-core Geekbench dan 5898 pada tes multi-core. Itu menempatkan ke dalam ballpark yang sama seperti Galaxy S7 dengan prosesor Snapdragon 820 . Untuk AnTuTu, yang juga menguji GPU, nilainya 143.306. Skor AnTuTu menempatkan Mi 8 Lite di liga yang sama dengan perangkat andalan mulai 2016.

Daya tahan baterai

Ada baterai 3.350mAh di Mi 8 Lite, yang merupakan ukuran yang baik terutama untuk perangkat dengan layar 6,26 inci. Ini tentu cukup besar untuk memberi Anda masa pakai baterai sepanjang hari. Menurut pengujian saya, Anda harus mendapatkan setidaknya enam jam waktu screen-on per charge. Jumlah itu akan bertambah jika Anda melakukan tugas yang kurang menuntut seperti menonton video streaming melalui Wi-Fi. Ingat, kecerahan layar dapat secara dramatis mengubah masa pakai baterai. Jika Anda meningkatkan kecerahan ke max, berharap untuk mencukur waktu istirahat.

Perangkat mendukung Quick Charge 3.0, tetapi pengisi daya yang disediakan hanya unit 10W, non-QC.

Kamera

Ingat pada masa perang megapiksel kamera belakang? Setiap perangkat generasi baru berusaha memperbaiki yang sebelumnya: 8MP, lalu 12MP, lalu 16MP, dan seterusnya. Banyak hal telah berubah sejak saat itu dan Mi 8 Lite adalah contoh sempurna. Ini memiliki kamera 24MP menghadap ke depan untuk selfie. Di bagian belakang memiliki dua lensa, sensor 12MP dengan autofokus dual pixel dan piksel lebar 1,4μm dan kamera 5MP kedua.

Spesifikasi Xiaomi Mi 8 Lite

TampilanIPS LCD 6.26 inci 
rasio aspek 19: 9 
resolusi 2.280 x 1.080 
403ppi
SoCQualcomm Snapdragon 660 prosesor 
64-bit Octa-core, hingga 2.2GHz
GPUAdreno 512, hingga 650MHz
RAM4 / 6GB
Penyimpanan64 / 128GB
KameraKamera belakang: 
sensor 12MP, piksel 1,4μm, bukaan besar f / 1.9, 
Sensor 5MP Dual-fokus Auto Pixel , SAMSUNG S5K5E8, piksel 1,12μm 

Kamera depan: 
senspr 24MP, Sony IMX 576, teknologi Super Pixel 4-in-1, 1,8 μm piksel
AudioPengeras suara dari bawah 
USB Tipe-C 
Tidak ada jack 3.5mm
Baterai3,350mAh 
Non-removable 
Mendukung pengisian cepat QC3.0 
. Pengisi daya yang disertakan tidak kompatibel dengan QC3.0
SensorSensor jarak, 
Giroskop, 
Accelerometer, 
Kompas elektronik, 
Sensor cahaya sekitar, 
Getaran motor, 
Sensor sidik jari
JaringanGSM: B2, B3, B5, B8 
WCDMA: B1, B2, B4, B5, B8 
TDD-LTE: B38, B40 
FDD-LTE: B1, B2, B3, B4, B5, B7, B8, B20, B20, B28
Konektivitas802.11a / b / g / n / ac – 2.4G Wi-Fi / 5G Wi-Fi 
Bluetooth 5.0 
GPS, GLONASS, Beidou
SIMKartu micro-SIM + Nano-SIM atau Nano-SIM + microSD Kartu 
mana pun dapat diatur sebagai kartu SIM utama
Perangkat lunakAndroid 8.1 Oreo 
MIUI 10
Dimensi dan berat156,4 x 75,8 x 
7,5mm 169g
Warnaaurora biru / tengah malam hitam

Kesimpulan

Secara keseluruhan Xiaomi Mi 8 Lite adalah perangkat mid-range yang lebih baik dari rata-rata. Smartphone ini membawa label “Lite”, tetapi masih merupakan perangkat yang mampu. Dimasukkannya kamera yang dalam adalah sesuatu yang kita lihat semakin banyak di kelas menengah dan ini adalah fitur sambutan. Snapdragon 660 menawarkan kinerja kelas menengah yang hebat dan masa pakai baterai yang baik. Namun, kurangnya jack headphone mengecewakan.

Jika Mi 8 Lite tidak menggoda Anda, banyak ponsel kelas menengah lainnya yang memiliki chipset padat dan kamera yang bagus, termasuk Xiaomi Mi A2 , Nokia 7.1 Plus , Honor Play , Asus Zenfone 5Z , Moto G6 Plus, atau tentu saja spec andalan Pocophone F1 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *