Cara Memeriksa Update Firmware di Ponsel Android Anda

Posted on

Sistem operasi Android untuk smartphone dan tablet mendapat pembaruan sistem berkala (firmware update) seperti Apple iOS untuk iPhone dan iPad. Pembaruan ini juga disebut firmware update karena beroperasi pada tingkat sistem yang lebih dalam daripada pembaruan perangkat lunak (aplikasi) normal dan dirancang untuk mengontrol perangkat keras.

Pembaruan/firmware update pada ponsel Anda memerlukan izin, waktu, dan restart perangkat. Biasanya juga merupakan ide yang baik untuk membiarkan ponsel Anda dalam kondisi dicharge selama pembaruan firmware sehingga kemungkinan Anda untuk kehabisan baterai tidak terjadi yang dapat berpotensi merusak ponsel Anda.

Google secara berkala mendorong peningkatan firmware pada ponsel Android Anda dengan mengirimkan informasi yang diperbarui secara langsung ke seluler atau koneksi Wi-Fi Anda.

Anda menghidupkan telepon Anda dan memberitahu Anda bahwa pembaruan tersedia. Pembaruan ini dikirimkan dengan perhitungan tertentu oleh perangkat dan operator, sehingga tidak semua ponsel akan menerima update secara bersamaan. Itu karena pembaruan firmware harus secara khusus kompatibel dengan perangkat keras di ponsel Anda, daripada aplikasi, yang bekerja dengan berbagai perangkat.

Inilah cara Anda dapat memeriksa untuk melihat apakah pembaruan Anda tersedia sekarang.

Cara Memeriksa Pembaruan Android

Cara ini bekerja pada sebagian besar versi Android terbaru, meskipun beberapa versi mungkin memiliki beberapa variasi kecil di mana menempatkan opsi.

Note : Petunjuk di bawah ini harus berlaku, tidak peduli siapa yang membuat ponsel Android Anda: Samsung, Google, Huawei, Xiaomi, dll.


  1. Nyalakan telepon Anda dan scrool layar dari atas ke bawah untuk menemukan menu pengaturan ke bawah. (Anda mungkin perlu melakukan scrool ke bawah dua kali untuk sampai ke menu yang benar).
  2. Sentuh ikon roda gigi di bagian atas layar untuk membuka Pengaturan .
  3. Sentuh ke Tentang telepon (about phone) dan ketuk.
  4. Ketuk Pembaruan sistem.
  5. Anda akan melihat layar yang menunjukkan apakah sistem Anda mutakhir dan kapan server pembaruan terakhir diperiksa. Anda dapat memilih Periksa untuk pembaruan jika Anda ingin segera memeriksanya lagi.
  6. Jika pembaruan tersedia, ketuk untuk mulai menginstalnya.

Pertimbangan

Karena Android adalah sistem operasi yang terfragmentasi — yaitu, berbagai produsen perangkat dan operator seluler mengkonfigurasinya secara terpisah — update firmware diluncurkan pada waktu yang berbeda untuk pelanggan yang berbeda. Penerima tercepat dari setiap peningkatan baru adalah pengguna Google Pixel karena pembaruan didorong langsung oleh Google tanpa ditinjau atau dimodifikasi oleh operator.

Pengguna yang telah melakukan rooting ponsel mereka (yaitu, memodifikasi perangkat pada level sistem operasi yang sangat mendasar) mungkin tidak memenuhi syarat untuk pembaruan operator over-the-air dan harus merombak ponsel mereka untuk memperbarui ke gambar terbaru Android yang dioptimalkan untuk perangkat mereka. Sebagian besar produsen ponsel memperingatkan agar tidak melakukan rooting.

Firmware update sama sekali tidak terkait dengan peningkatan aplikasi normal yang didapatkan melalui Google Play Store. Pembaruan aplikasi tidak memerlukan pemeriksaan oleh produsen perangkat atau operator seluler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *